Danau Cinta Papua yang Bikin Baper

By | Februari 9, 2018

Kamu sudah tahu kan, kalau pariwisata Papua kini semakin giat? Belakangan ini minat wisatawan baik lokal maupun mancanegara pun meningkat mengunjungi Papua yang menawarkan petualangan wista alam yang mengasyikkan dan unik di sana. Salah satu destinasi yang wajib dikunjungi di Papua adalah Danau Cinta.

Ada apa dengan danau Cinta itu? Ini dia, fakta menarik tentang Danau Cinta yang akan membuatmu ingin segera berkunjung ke sana:

1. Lokasi Danau Cinta

Danau Cinta terletak di kecamatan Ebungfau, kabupaten Jayapura. Informasi tentang danau Cinta ini belum terlalu lama diketahui, sih. Baru mulai populer sejak tahun 2014, nama sesungguhnya dari danau tersebut menurut penduduk setempat adalah danau Imfote, akan tetapi karena danau tersebut berbentuk hati maka para pengunjung menyebutnya sebagai ‘Danau Cinta’ atau ‘Danau Love’.

2. Tempat Foto Prewedding

Bentuk yang unik tentu saja menjadi daya tarik, membuat danau ini menjadi cepat terkenal Berada di tempat terpencil, dikelilingi hamparan bukit yang hijau dan jauh dari pusat kota, tidak ada rumah atau bangunan di sekitarnya. Dengan suasana “penuh kasih sayang” seperti ini, banyak pasangan calon pengantin menjadikan danau Cinta sebagai lokasi foto prewedding. Bagaimana tidak? Hasil foto prewedding di kawasan danau Cinta menunjukkan alam turut mensahkan keabadian cinta dua orang yang sedang dimabuk kasmaran dan membuat siapapun iri melihatnya. Tuh, kamu mulai baper, kan?

3. Cinta yang tenang namun berbahaya

Foto Danau Cinta selalu diambil dari jarak jauh bila ingin melihat terpotret bentuk hati tersebut. Kesannya yang terpatri pun damai. Namun jangan salah sangka, konon, ada buaya yang menghuni danau unik ini. Itulah sebab pengunjung dilarang berenang, memancing, atau bermain-main air di sana.

4. Sejarah Danau Cinta

Danau ini sempat menjadi konflik di antara dua suku yang saling mengklaim sebagai pemilik hak ulayat dari danau tersebut, suku kampung Putali dan kampung Abar. Akhirnya perselisihan kemudian diselesaikan dengan para-para adat oleh Dewan Adat Sentani sehingga pertikaian tidak berkepanjangan dan menimbulkan korban. Jadi kamu bisa mengunjungi Danau Cinta dengan rasa aman.

5. Tiket masuk kawasan

Saat ini Danau Cinta atau Danau Imfote masih dikelola oleh masyarakat setempat. Dikenakan tarif sebesar Rp. Rp. 25.000 untuk motor dan Rp. 50.000 untuk mobil, kamu sudah bisa menikmati keindahannya sebanyak yang kamu mau. Semoga suatu saat pemerintah dapat mengelola danau Cinta lebih baik lagi dan mendongkrak perekonomian masyarakat sekitarnya, ya.

Kalau kamu memilih jalur darat, kamu dapat menggunakan sepeda motor atau mobil, sedangkan melalui perjalanan air, danau Cinta bisa dicapai dengan perahu atau speed boat, tergantung dari mana kamu berangkat. Alternatif terbaik untuk kamu yang baru pertama kali menginjak tanah Papua adalah dengan menggunakan jasa pemandu atau menyewa mobil dengan supir yang paham jalan-jalan menuju ke sana. Sebelumnya kamu bisa membaca tips ke Papua sebelum berpergian agar tidak tersesat saat di sana.

Oh ya, perjalanan menuju Danau Cinta adalah perjalanan yang sangat mengasyikkan. Kamu akan melewati hamparan bukit dan padang rumput yang luas serta danau Sentani dan hutan Abepura. Kamu juga bisa berhenti sejenak dan memanfaatkan kesempatan untuk ber-swafoto di sepanjang perjalanan menuju Danau Cinta. Kalau kamu ingin berlama-lama di Danau Cinta, sebaiknya membawa bekal makan dan minum yang cukup, karena tidak ada warung makanan di sana.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *